Sabtu, 30 April 2011

Ragam Steak Besutan Tomodachi

PENYUKA steak akan semakin dimanjakan dengan kehadiran Tomodachi. Di restoran tersebut pengunjung disuguhkan aneka steak mulai daging sapi, ayam, hingga ikan. Menariknya, ada pula steak ala Jepang.

Untuk urusan sajian steak, Tomodachi tidak perlu diragukan lagi keaslian rasanya. Restoran yang juga menawarkan pastry ini sudah berdiri sejak 10 tahun lalu di Bandung. Di Jakarta, Tomodachi juga memiliki sejumlah cabang, salah satunya di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 16A, kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Sebagai hidangan pembuka, pengunjung restoran ini akan disambut dengan kroket salmon, chicken wing, aneka salad, dan sup. Lepas itu, pengunjung boleh melanjutkan dengan menu utama. Apa saja yang ada dalam daftar menu? Di antaranya sirloin, tenderloin, dan t’bone steak. Pengunjung bisa memilih ingin daging sapi lokal atau impor. Namun, jangan khawatir, daging sapi lokal yang disuguhkan memiliki tekstur yang tidak kalah empuk dengan daging sapi impor.

Pengunjung juga diberi kebebasan memilih saus yang digunakan untuk melumuri daging steak pilihan. Ada saus lada hitam, cream cheese, saus jamur, saus barbeque (BBQ), copacabana, dan saus espanol. Adapun saus copacabana adalah campuran antara saus jamur dan lada hitam. Saus espanol merupakan saus favorit di restoran ini.

Saus tersebut didominasi bawang bombai yang sebelumnya sudah dimarinasi beberapa saat dengan bumbu tertentu. Rasanya tentu saja gurih, terlebih lagi ketika menyatu di mulut dengan daging steak.

Menurut Marketing Executive Tomodachi Ferry Pangemanan, Tomodachi berbeda dengan restoran lain yang juga menawarkan sajian steak. “Steak yang kami hidangkan memiliki porsi cukup baik untuk makan siang maupun malam, dan lagi harganya tidak begitu mahal,” ungkap Ferry.

Ferry menuturkan, kalangan pribumi biasanya lebih memilih very well done untuk ukuran kematangan daging. Sementara, orang asing lebih menyukai well done. “Jadi, dagingnya masih agak merah dan lebih juicy,” sebut Ferry.

Beef cordon bleu di restoran ini tampil berbeda. Menu dagingnya telah terisi dengan tenderloin, daging asap dan keju mozzarella. Menu ini disajikan bersama salad segar dan saus BBQ. Nah, bagi Anda yang ingin lebih kenyang dan puas, bisa memilih american mix grill. Makanan ini meliputi tenderloin panggang, dada ayam, paha domba, dan daging asap yang disajikan bersama salad dan saus BBQ. Hidangan ini dijamin bakal memuaskan selera Anda.

Restoran ini juga menyediakan menu berbahan daging ayam. Misalnya chicken ala Tomodachi. Ini adalah ayam yang sudah diberi tepung panir dan digoreng renyah dengan keju mozzarella sebagai topping, plus jamur champignon dan saus BBQ. Atau chicken mimosa, dada ayam yang dilapisi roti.

Di dalamnya berisi keju mozzarella. Sementara itu, ikan juga bisa menjadi menu makan siang maupun santap malam. Pilihannya ada ikan kakap, salmon, dan gindara. Salmon dan kakap merupakan best seller restoran ini.

Adapun di Tomodachi, steak kampung disajikan dalam hot plate. Meski namanya steak kampung, daging yang disuguhkan adalah tenderloin dan saus jamur. Terang saja dagingnya empuk. Daging ini dihidangkan bersama campuran sayuran seperti wortel dan buncis. Sementara, beef amiyaki adalah salah satu sajian steak ala Jepang. Pada menu ini, daging sirloin dan saus teriyaki disajikan dengan salad dan nasi. Awalnya, Tomodachi hanya menawarkan steak ala Barat. “Tapi, ada pengunjung yang protes. Nama restoran memakai nama Jepang, tapi kok tidak ada menu berbau Jepang?” cerita Ferry.

Masih ada lagi gindara teriyaki, yakni gindara panggang dengan saus teriyaki. Juga beef yakiniku, daging sapi yang di-saute dengan lumuran saus yakiniku. Selain steak, di restoran ini juga tersedia pasta dan masakan Indonesia. Sebut saja ayam betutu, nasi campur bali, nasi campur uluwatu, bebek bengil, dan sop buntut.

Khusus menyambut Natal dan Tahun Baru 2011, Tomodachi memberikan paket promosi, yakni steak kampung dan nasi steak ayam. Adapun menu yang disebut terakhir adalah sajian nasi dengan ayam crispy dan saus BBQ yang disuguhkan di atas hot plate. Hot plate yang digunakan terbuat dari baja asli, bukan semibaja ataupun campuran sehingga begitu dibakar tidak mengeluarkan kerak yang dapat membahayakan kesehatan.
diambil dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar