Sabtu, 30 April 2011

Es Sukaria

MENIKMATI segelas es krim di siang hari yang terik, tentu akan terasa menyegarkan. Namun, banyak orang tidak merasa menikmatinya lantaran selalu teringat dengan momok "gemuk".

Es krim merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan dessert, namun enak dinikmati kapan saja, terutama saat cuaca panas. Camilan yang memiliki tekstur lembut dengan paduan rasa yang manis ini, sudah diminati sejak zaman Romawi.

Es krim adalah sebuah makanan beku yang dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa, dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es krim ke sebuah wadah, lalu dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam.

Garam membuat air cair berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es.

Seiring perubahan zaman, kini banyak hadir es krim serupa yang tak kalah lezatnya. Namun, jika es krim identik dengan produk susu, es identik terbuat dari air putih yang dibekukan.

Nah, untuk membuat es dengan menu unik. Berikut Anda bisa mencoba membuat es sukaria. Segar dan manisnya dijamin mampu membuat udara terik terasa dingin. Tak percaya?

Bahan:

500 ml es puter avokac (atau rasa apa saja sesuai selera), siap pakai

3 lembar roti tawar, buang pinggirannya, potong dadu 1 cm

100 gr cincau hitam, cuci bersih dengan air matang, potong dadu 1 cm

100 gr manisan kolang-kaling warna merah, siap pakai, iris membujur tipis

100 gr manisan kolang-kolang warna hijau, siap pakai, irisi membujur tipis

3 sdm susu kental manis

3 sdm susu kental manis cokelat

Es batu, serut

Agar-agar kuning:

1 bungkus agar-agar bubuk warna kuning

75 gr gula pasir

500 ml air

Cara membuat:

Agar-agar kuning

1. Aduk semua bahan hingga agar-agar dan gula larut. Didihkan di atas api sambil diaduk hingga agar-agar matang. Lalu angkat, dan tuangkan ke dalam loyang persegi yang sudah dibahasi air matang, ratakan.

2. Biarkan dingin, simpan dalam lemari pendingin hingga beku, kemudian potong berbentuk dadu 1 cm, sisihkan.

Penyajian:

Siapkan gelas/mangkuk saji, lalu taruh berturut-turut es puter, roti tawar, cincau hitam, manisan kolang-kaling merah dan hijau, agar-agar kuning. Beri es serut di atasnya dan bubuhi tipis-tipis dengan susu kental manis dan susu kental manis cokelat.

Selamat mencoba!
diambil ari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar